Implementasi CRM pada Perusahaan Indosat Ooredoo



Implementasi CRM pada Perusahaan Indosat Ooredoo

Get :

1.      Mengidentifikasi kebutuhan pelanggan akan suatu produk

2.      Strategi informasi dan promosi. Penjualan langsung (direct sales) lebih menguntungkan dari pada media konvensional karena efeknya kurang sampai kepada pelanggan. Pelanggan juga akan lebih percaya dengan teman terdekat atau keluarganya. Promosi melalui media konvensional seperti melalui website, facebook, twitter, instagram, dll.

3.      Analisa competitor seperti harga, kualitas, citra merek dimata pelanggan, dll.

Keep :

1.      Menjaga loyalitas pelanggan dengan memberikan pelayanan yang baik pada Customer Service atau call centre, pelayanan dari tenanga penjualan (sales), dan para pekerja lapangan yang berhubungan langsung dengan para customer.

2.      Membangun emosi pelanggan karena faktor emosional akan membawa pelanggan pada kepuasan, loyalitas, dan pembelian berulang.

3.      Membangun kualitas service. Kualitas pelayanan yang bagus akan memberikan dampak positif bagi perusahaan yaitu hubungan antara pelanggan dan perusahaan bisa terjalin dengan baik. Feedback positif yang diberikan oleh pelanggan diharapkan bisa menjadi acuan bagi pelanggan operator lain untuk beralih dan mencoba mengguakan Indosat.

4.      Menjaga kepuasan pelanggan melalui penyampaian produk dan jasa berkualitas dengan harga bersaing.

5.      Memberi voucher potongan pembelian paket internet kepada pelanggan, member card, memberikan giftset kepada pelanggan yang sering berbelanja.

Grow :

1.      Adanya aplikasi myIM3 yang dapat mempermudah pelanggan.

2.      Memperbanyak pilihan paket internet.

3.      Adanya layanan e-money yang dapat mempermudah pelanggan untuk berbagai keperluan.

Dampak :

1.      Perusahaan dapat mengelola dan menganalisis data dengan mudah.

2.      Mengidentifikasi dan mengelola prospek.

3.      Mengantisipasi kebutuhan pelanggan.

4.      Meningkatkan layanan kepada pelanggan.

5.      Meningkatkan penjualan.

Post a Comment

Previous Post Next Post