Implementasi CRM pada Perusahaan
Indosat Ooredoo
Get :
1. Mengidentifikasi kebutuhan pelanggan
akan suatu produk
2. Strategi informasi dan promosi.
Penjualan langsung (direct sales) lebih menguntungkan dari pada media
konvensional karena efeknya kurang sampai kepada pelanggan. Pelanggan juga akan
lebih percaya dengan teman terdekat atau keluarganya. Promosi melalui media
konvensional seperti melalui website, facebook, twitter, instagram, dll.
3. Analisa competitor seperti harga,
kualitas, citra merek dimata pelanggan, dll.
Keep :
1. Menjaga loyalitas pelanggan dengan
memberikan pelayanan yang baik pada Customer Service atau call centre,
pelayanan dari tenanga penjualan (sales), dan para pekerja lapangan yang
berhubungan langsung dengan para customer.
2. Membangun emosi pelanggan karena
faktor emosional akan membawa pelanggan pada kepuasan, loyalitas, dan pembelian
berulang.
3. Membangun kualitas service. Kualitas
pelayanan yang bagus akan memberikan dampak positif bagi perusahaan yaitu
hubungan antara pelanggan dan perusahaan bisa terjalin dengan baik. Feedback
positif yang diberikan oleh pelanggan diharapkan bisa menjadi acuan bagi
pelanggan operator lain untuk beralih dan mencoba mengguakan Indosat.
4. Menjaga kepuasan pelanggan melalui
penyampaian produk dan jasa berkualitas dengan harga bersaing.
5. Memberi voucher potongan pembelian
paket internet kepada pelanggan, member card, memberikan giftset kepada
pelanggan yang sering berbelanja.
Grow :
1. Adanya aplikasi myIM3 yang dapat
mempermudah pelanggan.
2. Memperbanyak pilihan paket internet.
3. Adanya layanan e-money yang dapat
mempermudah pelanggan untuk berbagai keperluan.
Dampak :
1. Perusahaan dapat mengelola dan
menganalisis data dengan mudah.
2. Mengidentifikasi dan mengelola
prospek.
3. Mengantisipasi kebutuhan pelanggan.
4. Meningkatkan layanan kepada
pelanggan.
5. Meningkatkan penjualan.