Strategi Pemasaran Gojek


 

1.       Strategi dalam mencapai kepuasan pelanggan yang dijalankan oleh Perusahaan GOJEK:

a.       Memberikan pelayanan terbaik bagi setiap pelanggan dengan mengartikan setiap konsumen adalah raja.

b.      Memberikan harga yang pasti untuk harga layanan jasa transportasi tersebut jadi penentu dari seberapa jauhnya konsumen atau pengguna memperhitungkan suatu layanan transportasi online. Jika dengan tariff yang terjangkau dengan pelayanan yang fokus terhadap konsumen maka konsumen akan puas dan terus tertarik untuk menggunakan layanan GOJEK.

c.       Peka terhadap kebutuhan pasar misalnya adanya layanan pesan antar makanan dimana banyak sekali sekarang orang yang malas untuk berpergian untuk membeli makanan dan antri memesan makanan.

d.      Fokus pada konsumen journey dan experience yaitu dengan memperoleh konsumen yang setia dengan memakai layanan yang ditawarkan dengan pelayanan yang terbaik.

e.      Menerima Saran dan menampung keluhan dari pelanggan, sehingga bisa menjadikan masuka kita untuk lebih baik kedepannya yang akan membuat pelanggan selanjutnya menjadi lebih puas.

f.        Adanya perkembangan atau meningkatkan kualitas yang dimiliki baik dalam aplikasi maupun driver itu sendiri.

g.       Diberikannya promo berupa voucher diskon yang mana pelanggan baru akan menjadi pelanggan tetap karena puas terhadap apa yang diberikan pihak GOJEK tersebut.

 

2.       Strategi Untuk Mencapai Kepuasan Pelanggan Gojek

·         Strategi Pemasaran Berupa Relation Marketing

Gojek harus memberikan komunikasi dengan baik terhadap konsumen. Contohnya : Saat ada orderan masuk langsung bisa menghubungi konsumen melalui via chat di aplikasi karena bisa meningkatkan kepuasan pelanggan.

·         Strategi Superior Customer Product

Gojek bisa menawarkan kepada konsumen untuk mengisi go-pay agar pembayaran bisa dilakukan non-tunai karena menggunakan go-pay lebih efisien dari pda membayar dengan uang tunai.

·         Strategi Unconditional Guarantees

Gojek mampu memberikan garansi jika saat menggunakan jasa go-ride dijalan terjadi hal yang tidak diinginkan bisa menggunakan jaminan yang diberikan oleh perusahaan Gojek.

 

3.       Pengukuran Kepuasan Pelanggan Terhadap Layanan Jasa Ojek Online (GOJEK)

-          Adanya rating bintang dan kolom kritik/saran yang disediakan oleh pihak GOJEK ketika pelanggan telah selesai menggunakan layanan jasa GOJEK. Rating ini dapat menunjukkan ukuran kepuasan pelanggan terhadap layanan jasa GOJEK baik kepada pihak driver secara langsung, maupun kepada pihak perusahaan GOJEK yang nantiya pula dapat menjadi bahan evaluasi untuk peningkatan layanan jasa dari GOJEK.

-          Kepuasan pelanggan terhadap layanan jasa ojek online dari perusahaan GOJEK juga dapat dilihat dari tingginya rating dan bagusnya penilaian yang diberikan oleh para pengguna aplikasi GOJEK pada platfrom penyedia installasi aplikasi (Google Play Store/ App Store). Tingginya rating dan bagusnya penilaian dapat menjadi acuan seberapa puas pelanggan terhadap layanan yang diberikan oleh perusahaan GOJEK ini, juga bisa menjadi bahan pertimbangan calon pelanggan untuk mempercayai layanan yang diberikan oleh perusahaan GOJEK.

-          Perusahaan GOJEK juga melakukan survey kepuasan pelanggan terhadap layanannya melalui kuisioner yang dibuat sendiri oleh perusahaan dan menyebarkan kuisioner tersebut di berbagai akun sosial media milik perusahaan GOJEK, untuk melihat tingkat kepuasan pelanggan dan sebagai bahan evaluasi peningkatan layanan.

Post a Comment

Previous Post Next Post