1. Strategi
dalam mencapai kepuasan pelanggan yang dijalankan oleh Perusahaan GOJEK:
a.
Memberikan pelayanan terbaik bagi setiap
pelanggan dengan mengartikan setiap konsumen adalah raja.
b.
Memberikan harga yang pasti untuk harga layanan jasa transportasi
tersebut jadi penentu dari seberapa jauhnya konsumen atau pengguna memperhitungkan
suatu layanan transportasi online. Jika dengan tariff yang terjangkau dengan
pelayanan yang fokus terhadap konsumen maka konsumen akan puas dan terus
tertarik untuk menggunakan layanan GOJEK.
c.
Peka
terhadap kebutuhan pasar misalnya adanya layanan pesan antar makanan dimana
banyak sekali sekarang orang yang malas untuk berpergian untuk membeli makanan
dan antri memesan makanan.
d.
Fokus
pada konsumen journey dan experience yaitu dengan memperoleh konsumen yang
setia dengan memakai layanan yang ditawarkan dengan pelayanan yang terbaik.
e.
Menerima
Saran dan menampung keluhan dari pelanggan, sehingga bisa menjadikan masuka
kita untuk lebih baik kedepannya yang akan membuat pelanggan selanjutnya
menjadi lebih puas.
f.
Adanya
perkembangan atau meningkatkan kualitas yang dimiliki baik dalam aplikasi
maupun driver itu sendiri.
g.
Diberikannya
promo berupa voucher diskon yang mana pelanggan baru akan menjadi pelanggan
tetap karena puas terhadap apa yang diberikan pihak GOJEK tersebut.
2. Strategi
Untuk Mencapai Kepuasan Pelanggan Gojek
·
Strategi Pemasaran Berupa Relation Marketing
Gojek harus memberikan komunikasi dengan baik terhadap
konsumen. Contohnya : Saat ada orderan masuk langsung bisa menghubungi konsumen
melalui via chat di aplikasi karena bisa meningkatkan kepuasan pelanggan.
·
Strategi Superior Customer Product
Gojek bisa menawarkan kepada konsumen untuk mengisi
go-pay agar pembayaran bisa dilakukan non-tunai karena menggunakan go-pay lebih
efisien dari pda membayar dengan uang tunai.
·
Strategi Unconditional Guarantees
Gojek mampu memberikan garansi jika saat menggunakan
jasa go-ride dijalan terjadi hal yang tidak diinginkan bisa menggunakan jaminan
yang diberikan oleh perusahaan Gojek.
3. Pengukuran
Kepuasan Pelanggan Terhadap Layanan Jasa Ojek Online (GOJEK)
-
Adanya rating bintang dan kolom kritik/saran
yang disediakan oleh pihak GOJEK ketika pelanggan telah selesai menggunakan
layanan jasa GOJEK. Rating ini dapat menunjukkan ukuran kepuasan pelanggan
terhadap layanan jasa GOJEK baik kepada pihak driver secara langsung, maupun
kepada pihak perusahaan GOJEK yang nantiya pula dapat menjadi bahan evaluasi
untuk peningkatan layanan jasa dari GOJEK.
-
Kepuasan pelanggan terhadap layanan jasa ojek
online dari perusahaan GOJEK juga dapat dilihat dari tingginya rating dan bagusnya
penilaian yang diberikan oleh para pengguna aplikasi GOJEK pada platfrom
penyedia installasi aplikasi (Google Play Store/ App Store). Tingginya rating
dan bagusnya penilaian dapat menjadi acuan seberapa puas pelanggan terhadap
layanan yang diberikan oleh perusahaan GOJEK ini, juga bisa menjadi bahan
pertimbangan calon pelanggan untuk mempercayai layanan yang diberikan oleh
perusahaan GOJEK.
-
Perusahaan GOJEK juga melakukan survey kepuasan
pelanggan terhadap layanannya melalui kuisioner yang dibuat sendiri oleh
perusahaan dan menyebarkan kuisioner tersebut di berbagai akun sosial media
milik perusahaan GOJEK, untuk melihat tingkat kepuasan pelanggan dan sebagai
bahan evaluasi peningkatan layanan.