Resume Bisnis
Judul :
Souvenir Sukulen
Nama :
Sweet Sukulen
Fungsi : Tanaman hias untuk mempercantik ruangan
Bahan Dasar : Sukulen
Deskripsi :
Sukulen adalah tanaman yang mampu bertahan
terhadap kekeringan karena biasanya bagian akar, batang, dan daunnya memiliki
jaringan yang bisa menyimpan cadangan air. Sukulen adalah tanaman yang
berbatang dan berdaun tebal yang mampu beradaptasi pada kondisi lingkungan yang
kering.
Sweet Sukulen merupakan tanaman yang
sedang digemari oleh banyak orang pada saat ini. Bentuknya yang bagus dan beraneka ragam
membuat siapa pun yang melihatnya akan tertarik dan ingin membelinya. Sukulen tidak
hanya untuk di taman, tetapi juga untuk dekorasi rumah, hadiah ulang tahun atau
perikahan, dan untuk dekorasi pernikahan.
Kelebihan tanaman sukulen yaitu mampu menyimpan air di bagian tubuhnya seperti akar, batang, dan juga daun. Tanaman ini memiliki kemampuan untuk tumbuh meskipun sumber air yang terbatas dengan megandalkan kabut dan embun.
Internal Environment
Resource
Bahan baku yang digunakan untuk produksi Sweet Sukulen adalah tanaman sukulen dan pot yang dapat diperoleh di toko bunga atau tanaman hias. Media tanam yang digunakan berupa bebatuan atau pasir malang. Selain tanaman sukulen dan pot, bahan lain yang digunakan sebagai kemasan adalah kertas kraft, paper bag, dan kain goni.
Capability
Perusahaan yang akan dijalankan
memiliki karyawan berjumlah 8 orang dengan 3 orang diantaranya merupakan penanam
tanaman sukulen, 3 orang berperan sebagai pengemas tanaman sukulen, dan 2 orang
lainnya di bidang pemasaran produk.
Lokasi pembuatan Sweet Sukulen di Jl. Magelang kota Yogyakarta. Tempat produksi ini sekaligus menjadi tempat dipamerkannya produk Sweet Sukulen sebelum dijual ke konsumen.
Core Competences
Beberapa keahlian utama perusahaan
dalam memproduksi Sweet Sukulen adalah tanaman yang ditanam sendiri oleh
perusahaan sehingga kualitasnya terjamin. Selain itu, kemasan yang digunakan
untuk membungkus tanaman sekulen juga dipilih sesuai kemajuan zaman sekarang
sehingga terlihat aestetik.
External Environment (Five-porter Model)
Threat of
new Entries
Untuk mencegah adanya persaingan tanaman hias
sukulen, maka perusahaan ini menggunakan kata ‘Sukulen’ sebagai nama produknya
sehingga calon pembeli akan selalu mengingat bahwa Sweet Sukulen adalah merk
pertama yang memasarkan tanaman hias sukulen. Hal ini bertujuan salah satunya
untuk meminimalisir persaingan yang akan muncul jika ada produk sejenis yang dibuat
secara sengaja oleh pihak lain.
Selain itu, Sweet Sukulen sebagai perintis souvenir sukulen juga harus membangun jaringan distribusi yang kuat ke beberapa sektor penjualan seperti toko bunga, toko kado, dan bisa juga bekerjasama dengan Wedding Organizer, serta eksis dalam berbagai kesempatan pameran produk dalam negeri yang berskala nasional untuk memperkenalkan produk ini ke masyarakat luas.
Threat of
Subtitute products
Souvenir sukulen ini bukan pertama kali
dicetuskan oleh perusahaan Sweet Sukulen, sebelumnya sudah ada produk souvenir
serupa yang dapat digunakan sebagai tanaman hias untuk mempercantik ruangan.
Sweet Sukulen ini bisa menjadi pilihan tepat konsumen jika ingin memberi
souvenir berupa tanaman hias karena bentuknya yang lucu dan menarik dengan
harga yang ditawarkan tidak mahal. Hal ini dapat mengurangi adanya persaingan
dari tanaman hias lain yang harganya diatas rata-rata.
Dalam mengantisipasi hal ini, sisi estetika dari Sweet Sukulen juga harus diperhatikan mengingat bentuk pot yang cukup monoton sehingga membutuhkan kreativitas untuk dapat menjadikan tanaman hias ini berfungsi sebagai tanaman hias untuk mempercantik ruangan.
Bargaining
Power of Cutomers
Salah satu faktor penting untuk menjaga loyalitas pembeli Sweet Sukulen adalah harga sukulen yang tidak boleh terlalu tinggi sehingga memicu tumbuhnya industri sejenis. Oleh karena itu, pada tahap awal ini, fokus perusahaan haruslah pada pemenuhan permintaan pasar dengan kapasitas yang cukup besar untuk menekan biaya produksi tiap unit Sweet Sukulen. Sweet Sukulen juga harus memperhatikan keseimbangan supply dan demand agar harga tanaman hias yang beredar di pasar tidak membuat pelanggan beralih pada tanaman hias yang lain.
Bargaining
Power of Suppliers
Pemilihan tanaman sukulen untuk souvenir tentunya juga perlu diperhatikan. Tidak sembarang sukulen bisa dijadikan souvenir karena memperhatikan ukuran tanaman tersebut. Jika sukulen yang ditanaman tidak bisa dijadikan souvenir, maka terdapat alternatif pilihan toko yang menanam sukulen sendiri. Hal ini penting untuk diperhatikan dalam mencari supplier yang dapat menyediakan tanaman sukulen dengan kualitas yang bagus karena fungsi estetika yang juga harus terpebuhi pada produk Sweet Sukulen.
Intensity of
Competitive Rivalry
Dalam pengembangannya, Sweet Sukulen harus
menjawab tantangan dari pesaing bisnis terkait dengan memasukkan
inovasi-inovasi baru untuk memenuhi fungsi Sweet Sukulen sebagai tanaman hias
untuk mempercantik ruangan. Salah satu strategi lainnya adalah pengemasan iklan
Sweet Sukulen yang mengedepankan kesan estetika yang sedang mendapat perhatian
dari kalangan masyarakat berpendidikan serta kalangan menengah ke atas.