1.
Contoh
sebuah keputusan strategis yang bisa menimbulkan konsekuensi dalam jangka
panjang :
Di masa pandemi Covid-19 seperti sekarang ini, kegiatan yang menimbulkan
kerumunan dibatasi oleh pemerintah. Kebijakan ini bertujuan untuk memutus
rantai penyebaran Covid-19. Hal ini berdampak pada konsumen yang ingin
mengadakan acara seperti pernikahan menggunakan jasa event organizer. Disini
lah jasa event organizer harus membuat sebuah keputusan strategis untuk tetap
bisa bekerja sesuai tugasnya dan tetap mematuhi kebijakan pemerintah. Keputusan
yang dibuat yaitu kondangan drive thru. Jika konsumen ingin mengadakan acara
pernikahan dengan tetap mengundang tamu, maka keputusan ini bisa menjadi
solusi. Dengan adanya kondangan drive thru, acara pernikahan tetap dapat
berjalan dan tetap menikuti kebijakan pemerintah. Keputusan ini bisa
menimbulkan konsekuensi dalam jangka panjang, karena keputusan ini bisa menjadi
solusi untuk konsumen yang ingin acara pernikahan berjalan dengan cepat dan
tamu tidak harus berdesak-desakan.
Penjelasan :
1. Financial Perspective
è Hasil keuangan seperti apa yang
diharapkan oleh manajemen?
a. Manajemen Biaya : memanajemen biaya
untuk kebutuhan-kebutuhan pendukung jasa event organizer.
b. Investasi : melakukan investasi
supaya menghasilkan pengembalian modal yang lebih tinggi untuk mengatasi
kemacetan dana, perluasan aktivitas, dan peningkatan aktivitas perbaikan yang
berkelanjutan.
c. Profit : target laba yang diperoleh
dari jasa event organizer.
2. Customer Value Perspective
è Bagaimana memenuhi kebutuhan
pelanggan organisasi
a. Hubungan : menciptakan hubungan
saling menguntungkan dengan client.
b. Pelayanan : memberikan pelayanan jasa
event organizer dengan ide-ide kreatif kepada client.
c. Profesionalitas : membangun manajemen
perusahaan yang professional dan menciptakan lingkungan kerja yang harmonis.
3. Internal Perspective
è Proses kerja kunci yang harus
dilakukan untuk meningkatkan kontribusi lembaga
a. Inovasi : melakukan inovasi terhadap
suatu event agar berbeda dengan event lainnya.
b. Kualitas : memberikan jasa event
organizer dengan kualitas terbaik.
c. Relasi : membangun jaringan
seluas-luasnya dengan partner bisnis baik personal maupun perusahaan.
4. Learning and Growth Perspective
è Bagaimana mutu SDM, organisasi, IT,
dan anggaran dikelola dan dikembangkan
a. SDM : pengembangan SDM yang
berkompetensi tinggi.
b. Fasilitas : pemeliharaan peralatan
dan perlengkapan pendukung suatu event.
c. Organisasi : penyelenggaraan sistem
kerja dan budaya organisasi yang sehat.
d. Anggaran : pengelolaan anggaran yang
transparan dan akuntabel.