Contoh Balanced Scorecard

 


1.        Contoh sebuah keputusan strategis yang bisa menimbulkan konsekuensi dalam jangka panjang :

Di masa pandemi Covid-19 seperti sekarang ini, kegiatan yang menimbulkan kerumunan dibatasi oleh pemerintah. Kebijakan ini bertujuan untuk memutus rantai penyebaran Covid-19. Hal ini berdampak pada konsumen yang ingin mengadakan acara seperti pernikahan menggunakan jasa event organizer. Disini lah jasa event organizer harus membuat sebuah keputusan strategis untuk tetap bisa bekerja sesuai tugasnya dan tetap mematuhi kebijakan pemerintah. Keputusan yang dibuat yaitu kondangan drive thru. Jika konsumen ingin mengadakan acara pernikahan dengan tetap mengundang tamu, maka keputusan ini bisa menjadi solusi. Dengan adanya kondangan drive thru, acara pernikahan tetap dapat berjalan dan tetap menikuti kebijakan pemerintah. Keputusan ini bisa menimbulkan konsekuensi dalam jangka panjang, karena keputusan ini bisa menjadi solusi untuk konsumen yang ingin acara pernikahan berjalan dengan cepat dan tamu tidak harus berdesak-desakan.

2. Balanced Scorecard


Penjelasan :

1.      Financial Perspective

è Hasil keuangan seperti apa yang diharapkan oleh manajemen?

a.      Manajemen Biaya : memanajemen biaya untuk kebutuhan-kebutuhan pendukung jasa event organizer.

b.      Investasi : melakukan investasi supaya menghasilkan pengembalian modal yang lebih tinggi untuk mengatasi kemacetan dana, perluasan aktivitas, dan peningkatan aktivitas perbaikan yang berkelanjutan.

c.       Profit : target laba yang diperoleh dari jasa event organizer.

2.      Customer Value Perspective

è Bagaimana memenuhi kebutuhan pelanggan organisasi

a.      Hubungan : menciptakan hubungan saling menguntungkan dengan client.

b.      Pelayanan : memberikan pelayanan jasa event organizer dengan ide-ide kreatif kepada client.

c.       Profesionalitas : membangun manajemen perusahaan yang professional dan menciptakan lingkungan kerja yang harmonis.

3.      Internal Perspective

è Proses kerja kunci yang harus dilakukan untuk meningkatkan kontribusi lembaga

a.      Inovasi : melakukan inovasi terhadap suatu event agar berbeda dengan event lainnya.

b.      Kualitas : memberikan jasa event organizer dengan kualitas terbaik.

c.       Relasi : membangun jaringan seluas-luasnya dengan partner bisnis baik personal maupun perusahaan.

4.      Learning and Growth Perspective

è Bagaimana mutu SDM, organisasi, IT, dan anggaran dikelola dan dikembangkan

a.      SDM : pengembangan SDM yang berkompetensi tinggi.

b.      Fasilitas : pemeliharaan peralatan dan perlengkapan pendukung suatu event.

c.       Organisasi : penyelenggaraan sistem kerja dan budaya organisasi yang sehat.

d.      Anggaran : pengelolaan anggaran yang transparan dan akuntabel.


Post a Comment

Previous Post Next Post