PROPOSAL PROGRAM KREATIVITAS MAHASISWA REUSABLE BAG SAHABAT LINGKUNGAN


 

PROPOSAL PROGRAM KREATIVITAS MAHASISWA

REUSABLE BAG SAHABAT LINGKUNGAN

BIDANG KEGIATAN :

PKM KEWIRAUSAHAAN


KATA PENGANTAR

 

Assalamu’alaikum Wr.Wb.

Dengan menyebut nama Allah SWT Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang, yang telah melimpahkan rahmat dan hidayah-Nya kepada saya, sehingga saya dapat menyelesaikan tugas UAS Take Home berupa Proposal Kreativitas Mahasiswa tanpa suatu halangan apapun.

Proposal ini telah saya susun dengan maksimal dan mendapatkan bantuan dari berbagai pihak sehingga dapat memperlancar pembuatan proposal. Untuk itu saya menyampaikan banyak terima kasih kepada semua pihak yang telah berkontribusi dalam pembuatan proposal ini.

Terlepas dari semua itu, saya menyadari sepenuhnya bahwa masih ada kekurangan baik dari segi susunan kalimat maupun tata bahasanya. Oleh karena itu dengan tangan terbuka saya menerima segala saran dan kritik dari anda agar saya dapat memperbaiki proposal ini.

Akhir kata, saya berharap semoga makalah proposal ini dapat memberikan manfaat maupun inspirasi terhadap pembaca dan dapat digunakan sebagaimana mestinya.

Wassalamu’alaikum Wr.Wb  

 

RINGKASAN

Program Kegiatan Mahasiswa Kewirausahaan (PKM-K) ini mengambil kegiatan penjualan “Reusable Bag Sahabat Lingkungan”. Tujuan dari kegiatan ini sendiri adalah untuk memenuhi tugas UAS take home yang berupa proposal PKM. Selain itu untuk mendapatkan pengalaman dalam menghasilkan wirausaha yang akan dikembangkan lebih lanjut di masa yang akan datang. Target yang ingin diraih adalah memsosialisasikan reusable bag yang ramah lingkungan kepada seluruh masyarakat.

 

BAB I

PENDAHULUAN

A.      Latar Belakang

            Akhir-akhir ini sosial media digegerkan oleh beberapa postingan yang memperlihatkan bahwa ekosistem laut satu persatu mati karena memakan sampah plastik yang ada di laut. Seluruh sampah anorganik (tidak dapat diuraikan, seperti plastik) yang kita buang ke sungai akan berakhir ke lautan. Sampah-sampah di lautan akhirnya menumpuk di sekitar Samudera Pasifik atau berakhir di Samudera Hindia. Mirisnya, Indonesia merupakan penghasil sampah plastik kedua terbesar di dunia.

Sampah plastik tidak hanya berdampak pada ekosistem laut, teteapi juga berdampak pada aktivitas manusia di bumi ini, contohnya banjir yang sedang terjadi di Jakarta saat ini. Banjir yang terjadi saat ini salah satunya disebabkan oleh besarnya volume sampah mengakibatkan air sungai cepat meluap karena melebihi kapasitas. Hal ini juga disebabkan karena saluran air yang banyak tersumbat sampah dan lumpur sehingga aliran air tidak lancar dan tidak terhubung baik dengan saluran air lainnya.

Salah satu solusi untuk masalah ini adalah dengan mengurangi penggunaan kantong plastik dan menggantinya dengan reusable bag. Saat ini toko-toko yang biasa menggunakan kantong plastik mulai mengurangi pemakaian kantong plastik dan menghimbau masyarakat untuk ikut serta dalam mengurangi kantong plastik demi keberlangsungan habitat ekosistem laut.

B.       Rumusan Masalah

1.      Bagaimana cara membuat reusable bag ramah lingkungan?

2.      Bagaimana memberikan alternatif penggunaan kantong belanja selain menggunakan kantong plastik?

C.       Tujuan

1.    Mengetahui cara membuat reusable bag ramah lingkungan.

2.    Mengetahui alternatif penggunaan kantong belanja.

D.      Luaran Yang Diharapkan

Luaran yang diharapkan dari produk Reusable Bag Sahabat Lingkungan adalah tas ramah lingkungan yang dapat menyelamatkan ekosistem laut dan juga makhluk hidup yang ada di bumi.

E.       Manfaat

1.    Menumbuhkan jiwa kewirausahaan dalam diri masing-masing serta berlatih cara berpikir yang kreatif dan inovatif.

2.    Mendapatkan keuntungan dari produk ini.

3.    Dapat membaca peluang usaha dengan memanfaatkan potensi yang ada disekitar.


BAB II

GAGASAN UMUM RENCANA USAHA

A.      Gagasan Kegiatan Usaha

Reusable bag sahabat lingkungan merupakan tas belanja ramah lingkungan yang dibuat dari karung bekas tepung terigu yang terbuat dari bahan kain blacu. Reusable bag ini tersedia dalam berbagai ukuran dari yang paling kecil sampai paling besar dengan berbagai macam corak. Reusable bag dapat dikreasikan dengan cara melukis atau membuat kata-kata motivasi pada tas tersebut agar menarik jika dipandang dan orang tertarik untuk membelinya. Reusable bag dapat menyelamatkan bumi ini dari bahaya kantong plastik dan dapat menyelamatkan ekosistem laut yang mati karena sampah plastik.

B.       Peluang Pasar

Reusable bag memiliki prospek usaha yang menjanjikan karena saat ini sedang gencar-gencarnya larangan penggunaan kantong plastik. Sehingga masyarakat mulai mencari alternatif lain pengganti kantong plastik yaitu reusable bag ini.

C.       Promosi dan Iklan

            Untuk menarik konsumen agar membeli produk yang kami tawarkan, kami mempunyai cara-cara tertentu, yaitu untuk langkah permulaan kami akan menjual reusable bag dengan syarat dan ketentuan yang berlaku, seperti membawa 2 kantong plastik untuk ditukarkan dengan 1 buah reusable bag.

Strategi pemasaran yang kami lakukan :

1.      Dari mulut ke mulut

Promosi ini merupakan promosi yang paling sederhana, serta tidak memerlukan banyak biaya untuk melakukan promosi ini. Cukup dengan bercerita dengan teman-teman kita atau keluarga untuk mempromosikan usaha kita, sehingga secara tidak langsung semua konsumen masyarakat akan mengetahui usaha kita. Dan apabila usaha kita sudah diketahui dan disukai, maka konsumen tersebut akan memberitahukan kepada orang lain untuk membeli produk kita.

2.      Dengan media internet

Promosi juga dapat dilakukan dengan media internet, seperti melalui Line, Broadcast, Instagram, facebook, twitter, blog, dll. Karena sebagian besar masyarakat telah menggunakan media internet, sehingga masyarakat dapat mengetahui usaha kita.

3.      Pengembangan Produk

Pengembangan produk dari usaha ini bisa dengan menambah beragam corak baru dan warna dengan harga yang terjangkau, yang memberikan nilai lebih dimata para konsumen. Sehingga jangkauan pasar semakin luas dan tingkat loyalitas konsumen pun setiap harinya kian meningkat. Kami juga menerima pemesanan dalam jumlah banyak.

 

D.      Analisis SWOT

1.    Strength (Kekuatan) :

a.         Harga relatif murah, tetapi berkualitas.

b.        Tidak mudah robek jika dibanding kantong plastik.

c.         Praktis dapat dibawa kemana saja.

d.        Bahan dasar menggunakan bahan bekas yang ramah lingkungan.

2.    Weakness (Kelemahan) :

a.       Jika tidak diberi gambaran atau tulisan, reusable bag ini terlihat monoton dan tidak menarik minat masyarakat untuk membelinya.

3.      Opportunity (Peluang) :

a.         Karena pelarangan penggunaan kantong plastik maka reusable bag sedang banyak dicari masyarakat.

4.        Threat (Ancaman) :

a.         Semakin banyaknya orang yang juga ingin berwirausaha secara sederhana sehingga memungkinkan muncul semakin banyak pesaing yang mencoba usaha seperti ini.

BAB III

METODE PELAKSANAAN DAN BIAYA

A.      Alat

-          Gunting Kain                                     -   Benang dan Jarum

-          Meteran                                              -   Cat Poster atau Cat Kanvas

-          Mesin Jahit                                         -   Kuas

 

B.       Bahan

-          Karung besar bekas tepung terigu yang terbuat dari bahan blacu

C.       Proses Pengolahan

1.      Cuci karung bekas tepung terigu sampai bersih lalu keringkan

2.      Potong karung bekas tepung terigu sesuai ukuran dan pola

3.      Jahit kain yang sudah dipotong mengikuti pola

4.      Lukis atau warnai reusable bag yang sudah jadi sesuai kreativitas anda

5.      Jemur dibawah terik matahari

D.      Anggaran Biaya

E.     Bahan Baku

No.

Nama Bahan

Jumlah

Harga Satuan

Harga Total

1.

Karung bekas tepung terigu

5 karung

Rp. 4.000,-

Rp. 20.000,-

Total

Rp. 20.000,-

 

F.      Peralatan

No.

Nama Barang

Jumlah

Harga Satuan

Total Harga

1.

Gunting Kain

1 buah

Rp. 50.000,-

Rp. 50.000,-

2.

Meteran

1 buah

Rp. 10.000,-

Rp.10.000,-

3.

Mesin Jahit

1 buah

Rp. 2.500.000,-

Rp. 2.500.000,-

4.

Benang dan Jarum

4 buah

Rp. 5.000,-

Rp. 20.000,-

5.

Cat Poster atau Cat Kanvas

1 buah

Rp. 20.000,-

Rp. 25.000,-

6.

Kuas

1 buah

Rp. 5.000,-

Rp. 5.000,-

Total

Rp. 2.610.000,-

 

BAB IV

PENUTUP

A.      Kesimpulan

                Demikian proposal ini saya susun dengan harapan permohonan pendirian perusahaan yang saya dirikan dapat diterima. Pembuatan proposal ini bertujuan untuk memperluas wawasan dan ilmu pengetahuan tentang peluang dalam dunia bisnis.

                Dari pendirian usaha ini, saya dapat menyimpulkan bahwa berdirinya sebuah perusahaan dikarenakan kebutuhan masyarakat dan permintaan pasar yang sangat mendukung perkembangan perusahaan ini. Selain itu tujuan saya mendirikan perusahaan ini adalah untuk membantu pemerintah mengurangi pengangguran di era krisis global seperti sekarang ini.

 

B.       Saran

                Kegiatan usaha ini sudah bagus dan perlu ditingkatkan agar berkembang lebih besar. Selain untuk mencari laba, usaha ini juga untuk mengurangi penggunaan kantong plastik yang banyak digunakan masyarakat untuk kebutuhan sehari-hari. Jika kita ikut serta dalam usaha mengurangi kantong plastik, kita dapat ikut menjaga keberlangsungan ekosistem laut yaitu ikan-ikan laut.

 

 

Post a Comment

Previous Post Next Post