1.
Software yang berhubungan dengan akuntansi :
a. Software akuntansi berbasis DOS
Banyak
perusahaan yang yang masih menggunakan software akuntansi yang menggunakan
sistem operasi DOS karena perusahaan enggan untuk mengeluarkan biaya lebih
untuk membeli lisensi dari software-software akuntansi terbaru atau perusahaan
enggan untuk beralih ke software akuntansi baru karena sudah merasa cukup
dengan software akuntansi yang saat ini digunakan.
Kelebihan:
-
Membutuhkan spesifikasi komputer yang sangat minim dan
bisa berjalan dalam komputer pentium I.
-
Respon cepat.
-
Jarang diserang virus.
-
Real
time,
maksudya adalah data yang diinput akan segera
tersimpan di dalam database, sehingga bila terjadi pemadaman listrik tiba-tiba
saat kita tengah melakukan proses penginputan data, kita tidak perlu melakukan
penginputan ulang karena data yang sebelumnya kita masukkan akan secara
otomatis tersimpan dalam database.
Kekurangan:
-
Tampilan masih monokrom
(hitam-putih) sehingga memberikan kesan kurang nyaman pada saat penginputan
data.
-
Memerlukan printer dot
matriks dengan harga perawatan printer yang sangat mahal dan bersuara berisik
yang dapat mengganggu kinerja perusahaan.
-
Hasil cetak biasanya memerlukan
kertas khusus untuk printer dot matriks dan biasanya berukuran besar (A3) yang
kurang efisien.
-
Sangat sulit untuk melakukan
upgrade bila perusahaan mengalami perkembangan usaha.
b. MYOB Accounting
Plus 13
MYOB
(Manage Your Own Business)
merupakan software akuntansi buatan Australia. Software ini banyak sekali
digunakan di Indonesia, bahkan telah menjadi materi wajib bagi siswa SMK atau
mahasiswa perguruan tinggi Akuntansi, lembaga kursus khususnya untuk materi
komputer Akuntansi.
Kekurangan:
-
Database MYOB merupakan
database yang dikunci, artinya pengguna tidak dapat melakukan modifikasi
laporan, modifikasi field di MYOB, sehingga customization apabila diperlukan
relatif sulit dipenuhi oleh MYOB.
-
MYOB merupakan software
buatan luar negeri sehingga tidak ada feature perpajakan di dalamnya. Pembuatan
laporan yang berkaitan dengan perpajakan seperti form pelaporan PPN dan lainnya
tidak tersedia di dalam MYOB dan harus dikelola di luar software MYOB.
-
Tidak ada module fixed
assets, sehingga apabila perusahaan memerlukan modul untuk mengelola assets
yang dimiliki maka tidak dapat dipenuhi oleh MYOB. Contoh bidang usaha yang
memerlukan antara lain adalah persewaan genset yang memerlukan pengelolaan
keberadaan lokasi, maintenance, jenis barang dan lainnya.
-
Kelemahan Multi Warehouse
yang mengakibatkan pengelolaan atas barang konsinyasi relatif sulit dikelola di
dalam MYOB.
-
MYOB tidak dapat digunakan
untuk mengelola perusahaan dengan multi company, artinya laporan konsolidasi
tidak dapat diharapkan dapat dibuat dengan menggunakan MYOB.
Kelebihan:
-
Easy of use; MYOB menawarkan
kemudahan dalam penggunaannya, artinya pengguna dapat mempergunakan MYOB
walaupun yang bersangkutan tidak memiliki latar belakang pembukuan sama sekali.
-
Accounting Power; Software
MYOB telah cukup lama dikembangkan dan secara berkesinambungan mengeluarkan
perbaikan release. Sehingga pengelolaan informasi dengan menggunakan software
MYOB cukup dapat diandalkan. Sepanjang setup yang dilakukan telah dilakukan
dengan baik dan benar, MYOB dapat mengeluarkan laporan yang dapat diandalkan.
-
Feature Job dan Category yang
dapat digunakan untuk pengelolaan proyek serta departmentalisasi, sehingga
dapat diperoleh laporan manajemen per proyek maupun per departmen yang berguna
bagi manajemen untuk mengetahui kinerja dan sebagai dasar langkah perbaikan
yang harus dilakukan.
-
Proses instalasi dan
maintenance yang murah.
-
Tenaga kerja yang mengetahui
dan paham atau setidaknya mengetahui MYOB cukup banyak ditemui di pasar. Telah
banyak berkembang lembaga pendidikan baik lembaga kursus maupun lembaga
pendidikan tingkat universitas yang mengajarkan software MYOB sebagai bagian
dari pelajaran Accounting.
-
Dapat digunakan untuk
memantau 3 tahun periode pembukuan, artinya dalam kurun 3 tahun manajemen masih
dapat melihat transaksi selama 3 tahun kebelakang tanpa perlu melakukan proses
tutup buku.
-
Nilai investasi yang relatif
murah.
-
Jangka waktu implementasi
yang relatif cepat
c.
Quick
Book 5.0 Enterprise Edition
Kelebihan :
-
Sama halnya dengan MYOB,
software ini memiliki fitur multi user.
-
Memiliki fitur multi currency
(support dengan banyak mata uang).
-
Tampilan yang menarik, fitur
yang lengkap disertai tutorial dalam bentuk pdf dan video.
-
Format laporan sangat lengkap
disertai grafik dan hasil analisa, sehingga sangat membantu un utuk melakukan
pengambilan keputusan yang berhubungan dengan keuangan.
-
Fungsi reminder,multi departemen, multi
gudang, payroll, multi
cabang dengan fasilitas sinkronisasi yang sangat powerfull.
-
Software ini akan lebih
maksimal jika disinkronisasikan dengan Quickbook Point of Sale dan juga Quick
Book Asset Manager.
-
Sama halnya dengan MYOB,
laporan dan form yang sudah diinput bisa diekspor Microsoft Office dan PDF.
-
Form dan laporan bisa diatur
sesuai kebutuhan.
-
Digit angka yang banyak
sehingga bisa digunakan pada perusahaan besar.
Kekurangan
-
Untuk keperluan analisa
bisnis, keuangan, dan akuntansi hampir tidak memiliki kekurangan. Hanya dari
sisi keterbatasan bahasa karena tutorial belum dibuat dalam bahasa Indonesia.
d. Accurate 3.3.0
Accurate 3.3.0 versi bahasa Indonesia
merupakan software adaptasi dari Accurate International. Tampilan yang sederhana (mirip MYOB)
namun elegan dengan banyak pilihan skin sehingga terkesan modern dan juga untuk
menghilangkan kejenuhan karena skin dapat diganti-ganti.
Kelebihan:
-
Kelebihan ada pada segi
bahasa, karena terdapat pilihan bahasa Indonesia, sehingga lebih mudah
dipelajari.
-
Kemampuan modifikasi form dan
laporan.
-
Support dengan sistem
perpajakan yang berlaku di Indonesia.
-
Multiuser, multi departemen,
multi gudang, multi proyek dan multi currency.
-
Sama halnya dengan MYOB dan
juga Quickbook, laporan yang sudah dibuat dapat diekspor ke format Microsoft
Excel, Notepad, HTML dan PDF.
-
Mendukung fitur reminder dan
email. Hal ini juga dimiliki oleh Quickbook.
Kelemahan:
-
User hanya bisa login sebagai
supervisor.
-
Hanya bisa membuka database
di hard disk drivelokal
komputer.
-
Tidak mendapat keistimewaan
berupa potongan harga trade in atau major upgrade.
-
Tidak bisa migrasi.
e. Zahir Accounting
Zahir Accounting adalah software akuntansi keuangan terbaik, penuh inovasi yang sangat berbeda dengan software akutansi lain. Zahir Accounting Software disebut “business management software.
Kelebihan :
- Mudah digunakan oleh non Akuntan.
- Desain User Interface Menarik dan Mudah Dipahami.
- Faktur dan Laporan dapat Didesain.
- Laporan dapat Diemail dan Diexport ke Berbagai Format.
- Menggunakan Database Client Server.
- Fasilitas dan Kapasitas dapat Dipilih Sesuai Kebutuhan.
- Berbagai Grafik dan Analisa Bisnis Interaktif.
- Laporan dapat Diklik untuk Melihat Detail Transaksi (Audit /
Drill-down).
Kelemahan :
- Harga untuk licensinya mahal.
- Tidak dapat secara otomatis menghitung biaya perjam, perburuh, dan
biaya2 lain pada akuntansi biaya, sebab biaya per satuan ini merupakan
perhitungan alokasi biaya, bukan biaya sesungguhnya.
- Hanya memiliki satu mata uang.
f.
Microsoft
Office Accounting Express (MOAE)
Kelebihan :
- Pengoperasian MOAE sangat mudah tanpa memerlukan pengetahuan
akuntansi.
- Dimana aplikasinya hanya memasukkan data transaksi dari data sumber
(faktur, slip setor, dan nota-nota lainnya) tanpa harus melakukan penjurnalan
terlebih dahulu.
- Bisa secara otomatis menghasilkan laporan keuangan atau laporan
lainnya sewaktu-waktu.
- Menyediakan fitur pengelolaan data klien.
Kelemahan:
-
Dalam hal perpajakan (MOAE)
tidak memfasilitasi kepentingan peraturan perpajakan yang berlaku di Indonesia.
-
Untuk fitur – fitur pajak
yang tersedia yaitu dengan menginput tarif pajak tunggal yang ingin dibebankan
terhadap suatu transaksi.
g.
DacEasy
Accounting 3.0
Kelebihan :
-
Respon cepat
-
Jarang terkena virus
- Data akan tersimpan secara otomatis jika terjadi keadaan yang tak terduga, contohnya mati lampu.
Kelemahan :
- Tampilan masih hitam putih
- Sangat sulit untuk di upgrade jika untuk pengembangan software ini.
- Masih memerluka printer yang lama(dot matrix).
2.
Kegunaan Microsoft Office
a.
Word
- Membuat surat
- Membuat table
- Membuat tulisan dengan berbagai variasi (word Art)
- Memasukan gambar
- Dan membuat dokume
b.
Excel
-
Membuat sebuah
laporan keuangan
-
Membuat Daftar Nilai
-
Membuat daftar hadir
-
Melakukan operasi
kali,bagi, rerataan dengan cepat
-
Menghitung Kurs Mata
Uang
-
Membuat Grafik dan
Tabel dari suatu penghitungan
-
Membuat diagram
batang,diagram garis dan diagram lingkaran
-
Membantu kita dalam
menyelesaikan soal-soal logika dan matematika
-
Membuat presentasi
jadi lebih praktis dan mudah
- Menyajikan data secara tepat,rapi dan akurat
c.
Power Point.
- Membuat presentasi dalam bentuk slide-slide
- Menambahkan audio, video, gambar, dan animasi dalam
presentasi sehingga presentasi lebih menarik.
- Mempermudah dalam mengatur dan mencetak slide,
- Membuat presentyasi dalam bentuk softcopy sehingga dapat
dengan mudah diakss dan di share melalui perangkat computer.