Ide Bisnis dimasa Pandemi Covid-19



Pandemi  Covid-19 yang ada di berbagai dunia membuat semua orang memutar otak untuk bisa mendapatkan uang. Salah satunya yaitu dengan membuka usaha yang dibutuhkan disaat Pandemi Covid-19. Berikut adalah ide bisnis yang cocok disaat Pandemi Covid-19.


BAB I

PENDAHULUAN

A. Latar Belakang

                Covid-19 atau yang biasa dikenal dengan sebutan virus corona masuk ke Indonesia pada awal Maret 2020 yang awalnya muncul di Kota Wuhan, China akhir Desember 2019. Bukan hanya berdampak pada kesehatan, corona juga memiliki dampak dalam perekonomian, sosial, aktivitas keagamaan, dan banyak hal lain. Banyak perusahaan yang melakukan adaptasi dengan kondisi saat ini agar dapat bertahan di pasar.

               Himbauan pemerintah akan social distancing, work from home, dan stay at home selama pandemi serta pertumbuhan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga kesehatan dan keamanan diri agar terhindar dari tertularnya virus mengakibatkan angka konsumtif menurun.

                Banyak perusahaan yang melakukan sistem work from home untuk karyawannya agar dapat memutus rantai penyebaran virus corona. Karyawan yang work from home tentu membutuhkan pakaian yang nyaman untuk bekerja dari rumah. Berawal dari sistem work from home ini, Dodolanku.yk menyediakan berbagai macam motif daster dan piyama yang sangat nyaman digunakan untuk bekerja dari rumah.

B. Tujuan

1. Memperoleh keuntungan usaha sebanyak mungkin melalui social media dan marketplace.

2. Membuat produk yang nyaman untuk dipakai saat work from home.

C. Manfaat

1. Menumbuhkan jiwa kewirausahaan dalam diri masing-masing serta berlatih cara berpikir yang kreatif dan inovatif.

2. Mendapatkan keuntungan usaha dari produk ini.

3. Dapat membaca peluang usaha dengan memanfaatkan potensi yang ada disekitar.


BAB II

GAMBARAN RENCANA USAHA

A. Ide Bisnis

1. Case handphone

Casing handphone saat ini telah berubah dari yang sebelumnya hanya sebatas aksesoris pelengkap menjadi bagian penting yang tidak terpisahkan dari kepemilikan sebuah smartphone. Casing saat ini telah berubah menjadi sebuah tren fashion yang yang mampu melengkapi gaya sehari-hari dari para pengguna smartphone di Indonesia. Tren yang berkembang saat ini, para pengguna smartphone merasa tidak lagi puas dengan casing model pabrikan yang ada di pasaran. Mereka mencari casing yang memiliki desain yang unik, baik dari segi bentuk, bahan, warna, hingga komposisi gambar, yang sesuai dengan karakteristik penggunanya. Bisnis ini bisa menjadi ide bisnis yang menjanjikan untuk kalangan mahasiswa.

2. Piyama one set

Dengan adanya anjuran pemerintah untuk work from home dan stay at home, aktivitas pun lebih banyak dilakukan di dalam rumah. Tentu saja hal tersebut membuat baju rumah atau baju tidur semakin sering digunakan. Sehingga, orang-orang khususnya para wanita cenderung untuk membeli baju tidur, sebagai koleksi baju yang akan digunakan sehari-hari. Meningkatnya penggunaan baju tidur ini, membuat para pengusaha melihat adanya peluang bisnis baju tidur di masa pandemi yang cukup menggiurkan, dan bisa dimanfaatkan.

3. Daster

Dengan adanya anjuran pemerintah untuk work from home dan stay at home, aktivitas pun lebih banyak dilakukan di dalam rumah. Tentu saja hal tersebut membuat daster semakin sering digunakan, khususnya dikalangan ibu rumah tangga dan anak muda. Sehingga, orang-orang cenderung untuk membeli daster, sebagai koleksi baju yang akan digunakan sehari-hari. Meningkatnya penggunaan daster ini, membuat para pengusaha melihat adanya peluang bisnis daster di masa pandemi yang cukup menggiurkan, dan bisa dimanfaatkan.

B. Model Bisnis

Model bisnis Dodolanku.yk yaitu Dropship. Bisnis dropship adalah model bisnis di mana seseorang menjual produk yang dibuat oleh pihak lain. Namun, untuk menjual produk tersebut, orang ini tidak perlu menyetok dan mengirimkannya secara manual. Melalui bisnis dropship, produsen juga lah yang mengirimkan produknya ke konsumen.

Keuntungan bisnis dropship :

1. Tidak perlu modal karena kita tidak perlu melakukan pembelian produk di awal. Pembelian hanya dilakukan ketika sudah ada permintaan konsumen atas produk tertentu. Semua biaya untuk melakukan pengelolaan barang termasuk pengiriman barang ditanggung oleh produsen barang.

2. Resiko relatif kecil, tidak perlu menyiapkan gudang untuk menyimpan barang yang hendak dijual. Karena barang tersebut memang akan langsung dikirimkan oleh produsen ke konsumen langsung. Tidak adanya gudang berarti tidak diperlukan tenaga dan sistem untuk mengelolanya. Artinya, biaya operasional bisa lebih minimal.

3. Bisa menawarkan banyak pilihan produk untuk dijual.

4. Bisa dilakukan siapa saja, tidak memerlukan pengalaman khusus.

Kekurangan bisnis dropship :

1. Sulit mencari tahu ketersediaan stok produk dari supplier sehingga tidak dapat memastikannya ke pembeli.

2. Tidak bisa mengetahui kualitas dan spesifikasi produk yang sesungguhnya.

3. Penentuan harga harus sesuai dengan siklus naik turunnya harga jual supplier.

4. Risiko ketidaksesuaian antara ekspektasi pembeli dengan produk yang diterima sangat tinggi.

5. Reputasi penjual sangat dipengaruhi oleh kondisi dan kebijakan supplier.

C. Strategi Marketing

1. Membuat Komunitas Melalui Hashtag

Hashtag pada instagram dapat dikatakan hampir sama seperti hashtag pada media sosial lainnya, seperti pada twitter. Fungsinya adalah untuk menjangkau audiens secara lebih luas. Melalui pencantuman hashtag, memungkinkan foto atau video yang kita post akan dilihat oleh lebih banyak orang daripada jika kita tidak menyertakan hashtag.

2. Kesesuaian Tren Bisnis dan Followers

Strategi konten yang kita tujukan kepada followers harus menyesuaikan perkembangan tren, khususnya untuk target pasar kita. Apabila kita telah memahami sasaran pasar kita, selanjutnya kita dapat menentukan foto atau video yang tepat untuk kita sajikan kepada audiens kita.

3. Menggunakan Fitur yang Tersedia

Semakin hari instagram terus mengembangkan layanan bagi pengguna dengan meningkatkan kecanggihan fitur-fiturnya. Sehingga, para pengguna pun dapat dengan mudah memenuhi kebutuhan mereka khususnya untuk melakukan pemasaran. Melalui fitur-fitur yang dihadirkan tersebut, kita lebih mudah dalam mengelola konten berupa foto dan video untuk menjadi post yang berkualitas, sehingga memungkinkan menarik perhatian calon pembeli produk. Jika kita dapat mengoptimalkan semuanya, maka kualitas konten juga menjadi maksimal.

4. Berinteraksi dengan Customer

Memulai marketing dengan platform media sosial instagram memang tidak mudah dan membutuhkan waktu yang relatif lama. Membangun kesadaran pengguna akan bisnis kita atau brand awareness membutuhkan strategi yang tepat. Maka dari itu, interaksi dengan pengguna melalui platform media sosial ini akan sangat membantu kita dalam membangun engagement pengguna.

5. Visual yang Konsisten

Dengan menggunakan filter yang sama di semua foto kita, akun instagram bisnis kita akan memiliki sebuah style yang mudah dikenali oleh follower kita. Semakin mudah dikenali, semakin besar kemungkinan followers akan me-like dan meninggalkan komentar di foto kita.

6. Memilih Subjek yang Ditampilkan

Secara visual, kita perlu menentukan konten apa yang ingin kita jadikan fokus dari akun kita. Tapi, tentu saja sesekali boleh mengupload gambar yang mungkin tidak terkait dengan bisnis kita, tetapi bisa menjadi postingan yang menarik untuk follower kita.

D. Strategi Promosi

Untuk menarik konsumen agar membeli produk yang kita tawarkan, kita mempunyai cara- cara tertentu, misalnya setiap tanggal ganda kita mengadakan flash sale dan gratis ongkir.

Strategi promosi yang kita lakukan :

1. Dari mulut ke mulut

Promosi ini merupakan promosi yang paling sederhana, serta tidak memerlukan banyak biaya untuk melakukan promosi ini. Cukup dengan bercerita dengan teman- teman kita atau keluarga untuk mempromosikan usaha kita, sehingga secara tidak langsung semua konsumen masyarakat akan mengetahui usaha kita. Dan apabila usaha kita sudah diketahui dan disukai, maka konsumen tersebut akan memberitahukan kepada orang lain untuk membeli produk kita.

2. Dengan media internet

Promosi juga dapat dilakukan dengan media internet, seperti melalui Line, Broadcast, Instagram, facebook, twitter, blog, dll. Karena sebagian besar masyarakat telah menggunakan media internet, sehingga masyarakat dapat mengetahui usaha kita.

3. Pengembangan Produk

Pengembangan produk dari usaha ini bisa dengan menambah ragam motif dan model baru dengan harga yang terjangkau, yang memberikan nilai lebih dimata para konsumen. Sehingga jangkauan pasar semakin luas dan tingkat loyalitas konsumen pun setiap harinya kian meningkat.

E. Analisis SWOT

1. Strength (Kekuatan) :

a. Harga relatif murah, tetapi berkualitas.

b. Sudah di obras jadi lebih kuat jika dicuci menggunakan mesin cuci.

c. Motif dan model yang beragam.

d. Bahan yang digunakan berkualitas dan beragam.

2. Weakness (Kelemahan) :

a. Adanya beberapa pesaing yang sudah terlebih dahulu berdiri.

3. Opportunity (Peluang) :

a. Karena anjuran pemerintah untuk work from home maka daster dan piyama banyak dicari untuk digunakan sehari-hari karena nyaman.

4. Threat (Ancaman) :

a. Semakin banyaknya orang yang juga ingin berwirausaha secara sederhana sehingga memungkinkan muncul semakin banyak pesaing yang mencoba usaha seperti ini.

Post a Comment

Previous Post Next Post